Wednesday, March 31, 2010

BIKIN SIMPLE FORM LOGIN, YUUUUK.....!!!!

Whoaaaah.....
Hari2 terakir semester selalu mendung. Tugas dan amanah bertebaran dimana-mana.
Jadilah ini merupakan minggu2 BeTe saya. He..he...
Tapi alhamdulillah, minggu ini masih diberi kesempatan buat belajar bikin form login dengan keadaan sehat wal afiat...(n_n)
Hmmm...ngemeng2 soal login form, kayaknya hampir semua yang pernah internetan dah tau, makhluk apa yang namanya "form login" itu. Tapi bagi yang nggak tau, (meskipun kemungkinannya 0,0000001%) yah...dijelasin dikit, deh disini...

Form login dalam suatu situs dinamis menggunakan php sudah hampir menjadi kebutuhan wajib. Tanpa adanya login rasa-rasanya ada yang kurang dari suatu situs itu. Yaah...mirip2 sayur tanpa garem gitu, dah pokoknya. Dengan login kita bisa mengatur siapa saja yang berhak masuk ke halaman tertentu dan siapa saja yang prohibited buat masuk kesono. Intinya, keberadaan form dan pemrosesannya mutlak diperlukan dalam membangun aplikasi web yang interaktif.


Pada aplikasi web, teknik pengiriman form dapat dilakukan melalui tiga metode: POST, GET, dan kombinasi keduanya. Dalam konteks PHP, parameter-parameter GET dapat dibaca melalui superglobal $_GET, sedangkan POST melalui $_POST. Selain itu, keduanya juga dapat dibaca menggunakan $_REQUEST.

Sehingga dikarenakan hal itulah...(halah mbulet), marilah kita membuat aplikasi login form sederhana (tanpa database) yang terdiri dari field
ID/Username dan Password. Gunakan variabel di PHP untuk mensimulasikan verifikasi data yang dimasukkan. Dengan spesifikasi:
- Terdapat scripting JavaScript untuk validasi awal (field tidak boleh kosong,
masukan id dan password harus huruf).
- Jika field kosong dan langsung di-submit, kembalikan fokus kursor ke field pertama
(id)
- Ada validasi sisi server (dari PHP) untuk memastikan bahwa nilai field adalah
string.
- Jika nilai id dan password sesuai dengan pre-defined value di variabel, munculkan
pesan selamat datang dan cetak nilai id. Sebaliknya, jika tidak sesuai,
tampilkan pesan kegagalan.
Jadi, hasil akirnya nanti bakalan kayak gini deh...



Kalo kita bener masukin username dan password-nya (Nb : Username=mbokwid; passw=nanas), tampilannya nti kayak dibawah nih :



N kalo gagal, kita bakal disuruh buat balik lagi ke form login awal dengan memilih "kembali ke login". Preview-nya kayak gini, nih:



So, nih login form kedudukannya hampir mirip sama petugas imigrasi, gitu deh. Yang perlu diperiksa ini itu,dan segala macem sebelum kita "dilegalkan" buat memasuki wilayah tertentu. He..He...

Hmmm...sementara postingan kali ini hanya nampilin yang sederhana2 dulu.
Untuk yang pake database n form logout...ntar InsyaAllah menyusul --> (alias nunggu tugasnya nggak numpuk, maksudnya...=p)

Nah, untuk sourcecode lengkapnya, bisa didonlot disini.
Ato kalo nggak bisa, boleh juga donlot disini:
Link1
Link2
Link3
Yaaapz...!!! Semoga bermanfaat....(n_n)

No comments:

Post a Comment